Macam Penyebab Diare dan Cara Mencegahnya

No Comments

Macam Penyebab Diare dan Cara Mencegahnya Supaya Tidak Semakin Parah

Anda tentu mengenal apa itu diare ? Iya, diare merupakan sebuah keadaan dimana saluran pencernaan mengalami infeksi dan gejala utama yang ditimbulkan adalah seringnya buang air besar yang lebih dari 3 kali dalam sehari. Keadaan ini bisa menyerang siapa saja, baik dewasa maupun anak-anak. Diare tidak boleh dianggap sepele karena bisa memiliki resiko yang buruk untuk kesehatan, apalagi jika menyerang bayi dan juga anak-anak. Setiap orang tentu tidak ingin mengalami diare. Maka dari itu harus dilakukan pencegahan diare sejak dini supaya daya tahan tubuh bisa bekerja optimal dan tidak mudah terserang penyakit.

Nah, lalu, bagaimana jika ternyata diare sudah menyerang ? Tindakan yang tepat saat diare sudah menyerang adalah melakukan pencegahan diare agar tidak semakin berkembang lebih parah lagi. Mencegah diare tersebut sendiri supaya tidak semakin berkembang lebih parah juga perlu disesuaikan dengan jenis dari penyebab diare yang dialami. Ada beberapa hal yang menyebabkan diare, mulai dari karena kuman dan bakteri, karena alergi, juga bisa karena stres.

Pencegahan Diare


Untuk diare yang disebabkan oleh kuman dan bakteri sendiri merupakan penyebab diare yang sering terjadi dan penularannya sangat mudah. Cara mengatasi apabila diare yang disebabkan oleh kuman dan bakteri ini menyerang, adalah banyak minum air putih dan gantikan cairan tubuh yang sudah banyak dengan mengonsumsi oralit. Sementara untuk pencegahannya sendiri supaya tidak menularkan pada orang yang belum terkena diare adalah dengan cara selalu bersihkan kamar mandi setelah dipakai, istirahatlah yang cukup dan berentilah untuk beraktivitas sampai betul-betul sembuh dari diare, juga selalu cuci tangan menggunakan sabun yang efektif menghilangkan bakteri seperti Lifebuoy saat sebelum dan sesudah makan, seusai dari kamar mandi, ataupun setelah menutup bersin dan batuk.

Kemudian macam diare yang lain adalah dikarenakan alergi. Diare yang terjadi karena alergi lebih sering dialami oleh bayi. Sebagian bayi ada yang alergi dengan susu sapi. Nah, alergi ini yang bisa membuat bayi terserang diare. Cara mengatasinya sendiri adalah hentikan untuk memberi susu sapi ataupun makanan dan minuman lainnya yang membuat bayi alergi. Untuk pencegahan diare pada bayi yang disebabkan oleh alergi ini sendiri bisa lakukan dengan memberikan ASI secara eksklusif hingga bayi berusia yang cukup.


Selain itu satu hal lain yang bisa menyebabkan diare adalah stres. Ini biasanya lebih sering dialami oleh orang dewasa. Oleh sebab itu, dalam pencegahannya sendiri adalah dengan cara istirahat yang teratur, lebih untuk mengontrol emosi dan juga olahraga yang rutin.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar