Penyakit Yang Disebabkan Oleh Polusi Udara

No Comments
Penyakit Yang Disebabkan Oleh Polusi Udara
Polusi udara sejak lama sudah menjadi problem serius yang menghantui manusian yang hidup di jaman sekarang. Polusi udara bersumber dari aktivitas industri dan kendaraan bermotor berperan besar dalam proses perubahan iklim dalam beberapa tahun terakhir ini. Selain itu, dampak lainnya yakni meningkatkan resiko munculnya berbagai macam penyakit yang merugikan.
Udara kotor yang mengandung banyak zat polutan bisa masuk kedalam tubuh melalui sistem pernafasan sehingga tidak heran apabila penyakit yang pertama kali muncul akibat menghirup udara kotor berasal dari saluran pernafasan. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa penyakit yang disebabkan oleh polusi udara.
  • Penyakit Silikosis
Jika merujuk pada namanya “Silikosis” yang berarti infeksi yang disebabkan oleh paparan zat silika dari udara yang masuk kedalam paru paru dan mengendap. Penyakit Silikosis berkembang secara bertahap dan pada tahap awal seringkali tidak disertai gejala spesifik sehingga kerapkali penyakit Silikosis baru ketahuan bila sudah memasuki stadium lanjut.
  • Penyakit Antrakosis
Sering dialami oleh orang yang hidup di sekitar pertambangan batu bara atau para penambang batu bara. Tanda tanda penyakit Antrakosis seperti dada terasa nyeri dan sesak nafas akibat dari mengendapnya debu debu batu bara  dalam paru paru penderita.
  • Penyakit Berillosis
Merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh polusi asap industri yang mengandung unsur birilium dan sulfat oksida. Tanda tanda seseorang terjangkit Berillosis yakni sesak nafas, batu kering dan deman berkerpanjangan. Penyakit Berillosis sering dialami oleh pekerja industri yang jarang menggunakan masker saat bekerja.
  • Penyakit Bisinosis
Merupakan gangguan kesehatan yang menyerang saluran pernafasan akibat dari serat atau debu kapas dari udara. Masuknya debu kapas tersebut tentu akan mempengaruhi kinerja paru paru sehingga penderita merasakan berat pada dadanya, batuk dan sesak nafas. Penyakit bisinosis yang tidak segera ditangani dapat menimbulkan penyakit bronkritis kronis.
  • Kanker Paru Paru
Gangguan paru paru akibat polusi udara yang tidak ditangani bisa memicu terjadinya pertumbuhan sel sel dalam jaringan paru paru secara cepat dan progresif yang dikenal dengan istilah kanker paru paru. Deteksi dini serta pengobatan yang tepat bisa mengurangi resiko kematian pada penderita.

Demikianlah ulasan singkat mengenai penyakit yang disebabkan oleh penceraman udara. Dari informasi diatas maka bisa diambil suatu kesimpulan bahwa polusi udara akan menimbulkan kerugian materil dan non materil yang besar bagi kehidupan manusia.

0 komentar

Posting Komentar